Talk to a travel professional +62 434 2166

Solo City Tour ( 10 Jam )

  • kraton kasunanan   mangkunegaran solo  pembuatan gamelan

  • Kota Surakarta atau Solo berada pada cekungan di antara dua gunung, yaitu Gunung Lawu dan Gunung Merapi dan di bagian timur dan selatan dibatasi oleh Sungai Bengawan Solo. Kota Solo merupakan salah satu kota di jawa Tengah yang menjadi barometer dalam banyak hal seperti pendidikan, budaya, ekonomi, wisata, dan banyak hal lain. Setelah dipimpin oleh wali kota hebat pak JOKOWI membuat kota Solo semakin dikenal. Penasaran dengan kota Solo‚Ķ

    HIGHLIGHTS

    PURA MANGKUNEGRAN

    PURA MANGKUNEGARAN dibangun pada tahun 1757 oleh Raden Mas Said yang lebih dikenal sebagai Pangeran Sambar Nyawa, setelah penandatanganan Perundingan Salatiga pada tanggal 13 Maret. Raden Mas Said kemudian menjadi Pangeran Mangkoe Nagoro I. Istana Mangkunegaran terdiri dari dua bagian utama : pendopo dan dalem yang diapit oleh tempat tinggal keluarga raja. Hal yang menarik adalah keseluruhan istana dibuat dari kayu jati yang bulat/utuh.

    KRATON KASUNANAN

    Keraton Kaunanan Surakarta adalah simbol dan cikal bakal kota Surakarta atau lebih dikenal kota Solo. Keraton Surakarta, atau dalam nama resminya Keraton Surakarta Hadiningrat, merupakan sebuah tempat bersejarah yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke kota Solo. Dibangun secara bertahap sejak didirikan pertama di tahun 1744 oleh Sunan Paku Buwono II, menjadikan Keraton Surakarta sebuah tempat yang eksotis juga menyimpan banyak nilai sejarah.

    MUSEUM BATIK DANAR HADI

    Museum Batik Kuno Danar Hadi, selain menjadi tempat menyimpan kain-kain yang tidak ternilai harganya, juga memberikan informasi sejarah dan budaya untuk semua pengunjung. Beragam corak, motif dan jenis kain batik dari seluruh nusantara menjadi koleksi Museum Batik Kuno Danar Hadi. Koleksinya bahkan mencapai 10000 helai kain batik, sehingga museum ini diakui oleh MURI (museum rekor indonesia) sebagai museum yang mempunyai koleksi kain batik terbanyak.

    KERAJINAN GAMELAN

    Desa Gendengan Wirun Mojolaban Sukoharjo adalah pusat pengrajin gamelan satu-satunya di Indonesia yang sudah merambah ke mancanegara. Gamelan yang merupakan alat musik tradisional Jawa terdiri dari slendro dan pelog ini sudah dikenal oleh kalangan masyarakat mancanegara, setiap harinya banyak turis asing yang ingin melihat langsung proses pembuatannya di desa Wirun Mojolaban Sukoharjo ini.

    Itinerary

    Penjemputan dari hotel di Jogja pukul 07.00 pagi. Selanjutnya langsung menuju kota Solo menempuh jarak 65 Km untuk mengunjungi Pura Mangkunegaran dan Kraton Kasunanan dua Kraton saudara tua Kraton Kasultanan Jogja. Selanjutnya mengunjungi pasar Klewer, makan siang di restaurant setempat. Kemudian mengunjungi Museum Batik Danar Hadi dan terakhir mengunjungi Desa Wirun Sukoharjo untuk melihat proses pembuatan Gamelan. Selesai kembali ke Jogja.

    Harga per orang : Rp. 475.000

    Harga sudah termasuk:

    1. Transport dari hotel ke tujuan wisata
    2. Transport balik dari tempat wisata ke hotel
    3. Tiket masuk obyek wisata

    Tidak termasuk :

    1.Tiket Pesawat
    2.Makan

                                               Booking Form

    Desa Tour and Travel